Boxcryptor untuk enkripsi file di google drive

Boxcryptor untuk enkripsi file di google drive

Sebagai seorang yang selalu "agak-agak khawatir" dengan file-file yang kita "serahkan" ke pihak ketiga. Sebagai contoh yaitu Google Drive. Bukan rahasia lagi kalau GD menganalisa konten-konten yang kita upload melalui service-service google. Hal itu tertulis dalam TOS mereka.

"When you upload, submit, store, send or receive content to or through our Services, you give Google (and those we work with) a worldwide license to use, host, store, reproduce, modify, create derivative works (such as those resulting from translations, adaptations or other changes we make so that your content works better with our Services), communicate, publish, publicly perform, publicly display and distribute such content. The rights you grant in this license are for the limited purpose of operating, promoting, and improving our Services, and to develop new ones. This license continues even if you stop using our Services (for example, for a business listing you have added to Google Maps). Some Services may offer you ways to access and remove content that has been provided to that Service. Also, in some of our Services, there are terms or settings that narrow the scope of our use of the content submitted in those Services. Make sure you have the necessary rights to grant us this license for any content that you submit to our Services.
Our automated systems analyze your content (including emails) to provide you personally relevant product features, such as customized search results, tailored advertising, and spam and malware detection. This analysis occurs as the content is sent, received, and when it is stored."
https://www.google.com/policies/terms/

Jika kita aware tentang TOS ini, mungkin kita tidak akan langsung percaya begitu saja kalau Google Drive baik untuk kita. Tujuan google memang baik dan juga untuk kepentingan pelayanan dari mereka untuk penggunanya. Tapi untuk beberapa document yang sifatnya private, tentu akan bisa berakibat fatal nantinya jika ternyata diketahui oleh orang lain. Pilihannya ada dua, Enkrip file atau jangan upload sama sekali. Jika option pertama menjadi pilihan tentu ada tool yang lumayan baik digunakan yaitu Boxcryptor yang saya gunakan sampai saat ini. Tersedia untuk Windows, Linux, dan MacOs.

Boxcryptor

Boxcryptor

Boxcryptor adalah aplikasi tambahan untuk Google Drive yang menurut saya cukup membantu mengamankan file dari bocornya informasi konten dari file yang kita upload ke Google Drive. Dengan menggunakan Boxcryptor, file yang akan diupload ke Google Drive akan dienkripsi menggunakan AES-256. Perlu diketahui Algorithm AES-256 sampai saat ini masih kuat dan juga masih digunakan di departement-departement keamanan. Jadi pastinya bisa dipercaya untuk kekuatan bertahannya dari serangan decryptors.

Terkait dengan Boxcrpytor, ada satu hal yang cukup berbahaya adalah ketika kita lupa password untuk access ke Boxcryptor, bisa menjadi bencana karena mereka benar-benar serius dalam mengamankan file-filenya. Saat kita ternyata melupakan password dan melakukan reset password, itu berarti semua file yang sudah dienkripsi tidak akan bisa dibuka lagi. Prinsip mereka adalah zero knowledge.

Lalu bagaimana solusinya? bisa dengan menggunakan password manager. Ada banyak password manager yang bisa tapi yang saya pribadi gunakan adalah Keepass.

Feature yang saya pribadi suka dari password manager ini adalah kita tidak perlu mengingat password karena kita bisa menggunakan Key sebagai kunci pembuka databasenya. Tapi jelas hati-hati dalam menyimpan file key tentunya. Sebaiknya disimpan ditempat yg jarang orang akses, seperti folder root misalnya. Lebih cukup aman lagi kalau berbeda device, misal simpan di flash drive khusus untuk key collection. Password manager ini juga Free. Itulah alasan lain saya menggunakannya.

Next article: Cara menggunakan Boxcryptor or try to download Boxcryptor